Atasi Diare Pada Anak Dengan Tepat

By | March 20, 2018

Diare memang bisa terjadi kapan saja dan penyebabnya pun karena pola makan yang kurang sehat. Penyakit diare bisa menyerang siapa saja baik anak-anak, remaja, dewasa atau orang tua. Penyakit diare pun tidak bisa dipandang remeh dan harus ada penanganan khusus serta pencegahan sejak dini agar tidak bertambah parah. Ada beberapa cara mengobati diare pada anak ketika anak Anda terserang penyakit ini. Sebelum mengetahui cara tepat atasi diare pada anak lebih baik mengenal tanda-tanda anak mengalami diare. Terlebih dahulu, nah yang pertama adalah buang air anak terasa encer dan cukup sering, kram dan nyeri perut, demam, darah dalam tinja, dan kembung. Seperti itulah beberapa gejala ketika anak mengalami diare.

Cara Mengobati Diare Pada Anak

Anak yang menderita diare cenderung akan buang air besar lebih encer dan lebih sering selain itu terkadang fases yang keluar bercampur dengan lendir dan darah namun juga tergantung penyebabnya. Selain hal itu gejala yang sering mengikuti adalah demam dan muntah, hal ini bisa terjadi terlebih dahulu sebelum gejala mencret. Ketika anak sudah terserang diare, sebagai orang tua harus segera bertindak dan mencari cara mengobati diare pada anak secara tepat dan cepat. Banyak cara pencegahan yang bisa dilakukan ketika anak mulai terserang penyakit diare dan tentu kalian sebagai orang tua bisa memulai pencegahan sejak dini dan dimulai dari lingkungan rumah.

Tentu pencegahan yang bisa kalian lakukan adalah dengan memberikan makanan yang sehat dan memadai serta memiliki gizi yang cukup. Tak kalah penting yaitu menyediakan air minum yang bersih dan sehat. Selanjutnya mengajarkan anak untuk selalu membersihkan diri termasuk mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan, memberikan ASI eksklusif kepada bayi, memiliki tempat sampah yang memadai dan beberapa hal lainnya. Nah untuk melakukan tindakan tersebut tentu tidaklah sulit namun perlu perhatian khusus serta bisa dilakukan secara rutin. Selain itu ketika anak sudah mengalami diare, sebaiknya tidak boleh gegabah tetapi tetap tenang dan berusaha mencari cara mengobati diare pada anak dengan tanggap, cepat dan tepat.

Related posts: