Dibalik Layar Kepopuleran Kaos Distro

By | April 2, 2018

Saat ini industri fashion sedang berkembang pesat. Salah satunya adalah produk fashion distro yang umumnya berupa pakaian jadi untuk kawula muda seperti kaos, jaket, jeans, dan lain sebagainya. Bisnis ini tergolong ke dalam industri kreatif, maka tak heran jika saat ini banyak sekali produsen kaos distro bertebaran di berbagai kota di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Medan, Surabaya, dan lain-lain. Peminat dari produk fashion distro ini pun cukup banyak karena produk fashion distro memiliki keunikan tersendiri sehingga mampu menjadi daya tarik bagi masyarakat. Oleh karena itu, bisnis ini selalu ramai dan hampir tidak pernah mati. Namun, seberapa jauh sih kita mengenal distro itu sendiri? Mari kita simak ulasan singkat berikut ini.

Sejarah Singkat Distro

Distro seperti yang kita kenal merupakan toko distribusi, atau distribution store, tempat untuk mendistribusikan dan menjual berbagai produk. Saat ini toko distro umumnya menyediakan produk-produk clothing. Clothing sendiri merupakan produsen dari berbagai produk pakaian dengan menggunakan label mereka sendiri. Dapat dikatakan bahwa clothing merupakan produsen kaos distro itu sendiri.

Pada awalnya, distro terlahir atas dasar kebebasan berekspresi dalam membangun identitas, namun dengan menggunakan modal seadanya. Hal ini disorong oleh situasi perekonomian bangsa yang sedang carut marut akibat krisis moneter sehingga anak-anak muda sudah tidak sanggup lagi memperoleh produk impor demi eksistensi diri.

Keadaan tersebut memicu mereka untuk menciptakan suatu produk buatan sendiri yang dapat mencerminkan identitas diri dan komunitas mereka masing-masing dengan dana yang sangat terbatas. Produknya pun awalnya bukan untuk tujuan bisnis. Sebab produk tersebut digunakan untuk penanda identitas yang mengutamakan eksklusivitas sehingga tidak diproduksi secara misal sebagaimana produk komersial lainnya.

Produk-produk distro dijual dalam jumlah terbatas, dengan desain yang unik dan beda dari yang sudah ada. Seiring berjalannya waktu, produk-produk tersebut kian dikenal luas oleh masyarakat dan ternyata mendapat respons positif dari pasar sehingga berkembanglah industri ini hingga seperti yang kita kenal saat ini. Produsen kaos distro menargetkan anak-anak muda sebagai target pasar mereka.

Related posts: