Hindari Penyakit Cacingan Pada Anak

By | February 26, 2018

Masa kanak-kanak adalah masa yang paling menyenangkan. Pada masa ini seorang anak hanya mengerti makan, belajar dan bermain. Namun bagi anak sekolah dasar, banyak waktu yang mereka habiskan untuk bermain bersama teman-teman sekolahnya. Selain itu, bermain bersama teman-teman sebaya, dapat meningkatkan kemampuan anak untuk bersosialisasi. Dengan begitu perkembangan anak bisa optimal serta anak bisa diterima pergaulannya. Namun, jika kita lihat anak-anak cenderung bermain yang bersentuhan dengan tanah. Mulai dari main kelereng, masak-masakan dan bermain gundu. Bermain tanah memungkinkan anak terkena penyakit cacingan. Mungkin Anda sering mendapati anak yang tidak mau makan, pucat, dan cenderung tidak bersemangat. Itu adalah tanda-tanda yang perlu diwaspadai karena anak mungkin terkena cacingan.

Cara Cegah Cacingan Pada Anak

Penyakit cacingan pada anak memang sering dialami. Penyakit ini disebabkan karena anak terinfeksi cacing yang masuk ke dalam tubuh melalui kotoran seperti tanah. Anak setelah bermain tanah terkadang tanpa sengaja menjilat jarinya. Penyakit cacingan akan menyebabkan anak susah makan, tubuhnya terlihat letih, mual hingga kecerdasan menurun. Oleh karena itu, untuk menghindari anak dari cacingan, kita bisa melakukan hal berikut:

  • Membiasakan anak mencuci tangan

Setelah anak bermain, pastikan anak mencuci tangan sampai bersih menggunakan sabun. Tanamkan kebiasaan ini dari kecil, terutama sebelum makan. Kita memang harus intens memperhatikan kebersihan tangan anak karena mereka sering memegang benda yang tidak bersih.

  • Mengawasi anak

Ketika anak bermain, ada kalanya kita menengok untuk melihat apa yang sedang dilakukan oleh anak kita. Sehingga kita bisa melarang jika anak bermain tanah keterlaluan misalnya sampai dilempar-lempar. Karena tanah dapat langsung masuk ke mulut anak.

  • Mandi teratur

Sedari kecil, anak wajib dibiasakan untuk mandi 2 kali sehari. Mandi pagi untuk memulai beraktivitas dan mandi sore untuk membersihkan badan mereka setelah bermain. Setelah mandi sore, kalau bisa jangan sampai anak bermain kotor-kotor lagi.

  • Memberikan obat cacing

Berikan obat cacing secara rutin kepada anak selama 6 bulan sekali. Obat ini akan membunuh cacing-cacing jika terdapat pada tubuh anak.

Related posts: