Makanan Tepat Ketika Program Diet

By | March 28, 2018

Berat badan berlebih adalah salah satu masalah kesehatan. Mengapa? Karena berat badan yang berlebihan dapat memicu timbulnya penyakit-penyakit berbahaya seperti hipertensi, diabetes hingga penyakit jantung. Jumlah lemak dalam tubuh yang berlebih dapat membuat kerja jantung dan pembuluh darah lebih berat. Oleh karena itu, berat badan harus dikontrol agar tidak berlebihan. Selain mengganggu kesehatan, berat badan berlebih atau obesitas juga kerap mengganggu penampilan. Terutama bagi wanita, obesitas membuat mereka tidak percaya diri dan terbatas menggunakan busana. Padahal wanita yang sering diidam-idamkan pria adalah wanita yang bertubuh langsing dan cantik.

Makanan Saat Diet

Obat dari obesitas sebenarnya tidak ada. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah memperbaiki asupan makan dan berolahraga. Kebanyakan kasus obesitas terjadi karena pola makan yang tidak baik dan asupan yang berlebihan. Oleh karena itu, orang obesitas wajib untuk memperbaiki pola makan jika ingin menurunkan berat badan atau diet. Pola diet yang dilakukan setiap orang berbeda-beda tergantung dari kemampuannya. Namun, hal penting yang harus diperhatikan adalah jangan sampai diet justru menimbulkan penyakit. Beberapa makanan yang bisa Anda gunakan untuk program diet adalah sebagai berikut:

  1. Brokoli

Brokoli adalah salah satu makanan rendah kalori tetapi kaya serat, vitamin, dan mineral. Kandungan serat dalam brokoli akan membuat perut kenyang seharian. Sehingga, Anda tidak merasa lapar dan mengurangi asupan makan.

  1. Apel

Apel memiliki kandungan zat gizi yang baik dan membantu menurunkan berat badan. Serat dalam buah apel adalah serat yang larut dalam air sehingga ampuh membuat Anda tahan lapar lebih lama. Apel bisa Anda konsumsi di sela-sela waktu makan untuk mencegah asupan yang berlebih.

  1. Oatmeal

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa orang yang sarapan menggunakan oatmeal memiliki indeks tubuh yang lebih rendah dibandingkan orang yang sarapan dengan menu lain.

  1. Putih telur

Putih telur memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak sehingga cocok digunakan sebagai makanan untuk diet.

Related posts: