Menjajal Usaha Sewa Alat Musik

By | April 1, 2018

Saat ini banyak bermunculan kafe-kafe atau tempat makan yang memiliki konsep sebagai tempat nongkrong untuk anak muda. Pada umumnya kafe dan tempat makan yang memiliki segmen untuk anak muda ini memiliki even rutin berupa pertunjukkan live musik. Tidak hanya dilangsungkan pada malam Minggu saja, tetapi even live musik ini juga hadir setiap hari atau setidaknya satu Minggu dua atau tiga kali. Hal tersebut membuat banyak pihak kafe yang mencari band-band untuk mengisi di tempat mereka dan umumnya band yang dicari adalah band yang baru dan masih mencari event-event untuk unjuk gigi.

Modal Yang Dibutuhkan Dalam Usaha Ini

Untuk menghemat budget sering kali dari pihak kafe tersebut memakai konsep akustik untuk pertunjukkan musim mereka. Jadi tidak ada drum malahan hanya dengan satu gitar akustik dan satu vokal pun acara live musik ini bisa berjalan. Nah di sinilah ada peluang bisnis yang dilirik yaitu dengan menyewakan alat-alat musik untuk keperluan band pengisi tadi. Bicara soal modal tentu saja relatif karena besar kecilnya tergantung dari alat yang akan digunakan. Bisa kita ambil contoh untuk format band akustik minimalis standar kafe yang dibutuhkan adalah satu buah gitar akustik elektrik, satu bass elektrik, dan cajon.

Untuk harga cajon yang paling murah berada di rate harga 500 ribuan sedangkan untuk gitarnya di bawah 1,5 juta juga ada. Bass yang paling murah di rentang harga satu jutaan juga ada. Jadi jika dihitung-hitung untuk modal awal yang dibutuhkan bisa di bawah tiga juta untuk satu set alat musik akustik ini. Lalu berapa harga sewa idealnya supaya bisa balik modal? Untuk mudahnya bisa dibuat sistem sewa per alat atau borongan. Misal sewa gitar akustik elektrik seharga 50 sampai 75 ribu tergantung dari bagus tidaknya gitar yang disewakan. Semakin bagus maka harga sewanya bisa sedikit tinggi juga tidak masalah yang penting di bawah 100 ribu. Untuk sistem paketan bisa dibuat harga 100-150 ribu saja.

Related posts: