Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil Berdasarkan Medis

By | February 9, 2018

Memiliki seorang anak merupakan impian untuk semua orang, karena dengan kehadiran seorang anak akan membuat segalanya menjadi lebih menenangkan. Oleh sebab itu ketika sedang hamil maka perlu menjaga segala pantangan yang bisa membahayakan untuk ibu dan janinnya. Salah satunya adalah makanan, ada banyak sekali jenis makanan yang ada didunia ini, tetapi tidak semua bisa atau boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Berdasarkan medis bisa untuk memberikan alasan mengapa ada beberapa makanan yang tidak bisa dikonsumsi saat sedang hamil karena beberapa faktor misalnya kandungan senyawa yang terdapat dalam makanan tersebut.

Beberapa Pantangan Jenis Makanan Untuk Ibu Hamil Berdasarkan Medis

Berdasarkan medis maka didasarkan pada sebuah penelitian dan riset yang lebih nyata dibandingkan dengan pantangan makanan berdasarkan mitosnya. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan untuk ibu hamil sehingga perlu berhati-hati agar ibu dan janinnya selalu sehat:

  1. Tape yang merupakan makanan hasil fermentasi yang berasal dari singkong yang pembuatannya menggunakan ragi. Semua makanan ataupun jenis minuman yang melalui proses fermentasi tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena makanan tersebut mengandung alkohol yang sudah banyak diketahui bahwa alkohol tidak baik untuk ibu hamil.
  2. Sushi merupakan makanan mentah ala jepang, makanan ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena makanan tersebut kurang bahkan tidak steril sehingga masih memiliki kandungan bibit penyakit. Apabila sampai mengonsumsi maka janin bisa mengalami beberapa resiko seperti pembengkakan cairan dikepala atau yang nantinya disebut sebagai hidrosefalus. Ada beberapa bakteri yang terdapat di dalam sushi dan pastinya cukup berbahaya, yaitu salmoonella yang bisa menyebabkan timbulnya diare, kram perut bakteri coliform kemudian toksoplasma yang bisa menyebabkan penyakit tokso yang bisa menyerang pada bagian kepala bayi.
  3. Daging berlemak tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa menyebabkan tingginya jumlah kolesterol di dalam darah dan bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lainnya. Apabila hal tersebut bisa terjadi maka dikhawatirkan bisa menimbulkan komplikasi.
  4. Sayur nangka muda tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena banyak mengandung getah didalamnya, jika mencucinya tidak bersih maka bisa menyebabkan rasa gatal pada janin kemudian plasenta bayi juga bisa lengket.

Related posts: