Peran Ibu Dalam Menjaga Keluarga

By | March 19, 2018

Keluarga merupakan hal yang paling utama dalam hidup yang harus diperhatikan. Di dalam sebuah keluarga, peran ibu sangatlah penting. Bahkan menjadi seorang ibu berarti harus siap dan mampu untuk multitasking dan bisa memainkan berbagai peran. Kebanyakan peran sektor domestik dipegang oleh ibu, dimana ibu harus mampu mengurus rumah, anak, suami, keuangan keluarga, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan urusan rumah. Kini juga semakin banyak ibu yang bekerja dalam sektor public, sehingga perannya semakin bertambah. Bagi Anda yang baru saja akan menjadi seorang ibu, Anda harus memahami perannya dengan baik, sehingga Anda bisa menjadi seorang ibu yang mampu menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik pula. Berikut ini adalah beberapa peran sangat dominan di sektor domestik sehingga peran ini cukup sulit digantikan oleh peran ayah.

Inilah Peran Ibu Yang Sangat Penting!

  • Memberikan Pendidikan Dasar Untuk Anak

Sebagai ibu harus mampu mendidik dan membimbing anak dengan baik, sehingga output yang dihasilkan oleh anak dalam melakukan aktivitas sehari-hari selalu mengandung nilai positif. Pendidikan yang diberikan oleh seorang ibu adalah pendidikan karakter dan mental, karena sebenarnya ini adalah pendidikan yang sangat utama dan penting dan belum tentu didapatkan di instansi pendidikan formal.

  • Mengatur Keuangan Keluarga

Meskipun seorang ayah sangat berperan dalam sektor public dan menghasilkan uang untuk keluarga, tetapi yang mengatur atau memanage keuangan tersebut adalah ibu. Ibu lebih memahami kebutuhan akan keluarganya, baik kebutuhan personal anggota keluarga maupun kebutuhan bersama. Dengan demikian, peran ibu dalam mengatur keuangan sangatlah besar. Bahkan seorang ibu akan sangat detail dan rinci dalam menghitung pemasukan dan pengeluaran.

  • Menjadi Perawat Untuk Keluarga

Jika ada anggota keluarga yang sakit, orang pertama yang akan turun tangan adalah ibu. Di sini ibu berperan sebagai perawat yang sangat baik. Bagaimanapun kondisinya, seorang ibu akan mengurus anak dan suaminya dalam segala situasi. Dengan demikian perannya sangatlah besar.

  • Memenuhi Kebutuhan dan Keperluan Anggota Keluarga

Setiap hari ibu selalu menyajikan hidangan masakan untuk anggota keluarga. Tidak hanya itu, hampir semua keperluan dari anggota keluarga di handle oleh seorang ibu. Mencuci baju, mencuci piring, dan merawat seluruh perabotan rumah. Untuk itu dibutuhkan sesuatu yang bisa membantu ibu untuk mengatasi masalah tersebut. Karena jika perabotan rumah tangga bersih, maka kesehatan keluarga akan terjaga. Di sinilah peran ibu sangatlah besar, sehingga sulit digantikan oleh siapa pun, termasuk ayah. Tidak menutup kemungkinan pula jika seorang ibu bekerja dalam sektor public dan mendapatkan penghasilan sendiri. Dengan demikian, ibu sangat berperan besar dalam kedua sektor, baik domestik maupun public.

Related posts: