Proses Penyambungan Grounding Dengan Cadweld

By | April 1, 2018

Sistem grounding ialah sistem yang bertujuan untuk mengalirkan aliran listrik dari petir ke dalam bumi. Fungsinya adalah untuk menetralisir muatan listrik yang disalurkan oleh petir. Untuk melakukan sistem grounding, cadwelding dapat menjadi solusi terbaik sebab teknik ini memiliki hasil yang lebih baik daripada menggunakan teknik standar sejenisnya. Cadweding sendiri adalah suatu proses pengelasan dengan menggunakan alat khusus yang disebut cadweld. Alat ini dapat menyambungkan ground rods atau batangan ground yang umumnya menggunakan konektor tembaga sebagai konduktor. Untuk menjamin keberhasilan grounding ini harus ada beberapa faktor yang dipertimbangkan selain teknik pengelasan atau penyambungannya yaitu kadar air, kadar garam atau mineral, tingkat keasaman dan tekstur tanahnya.

Keunggulan Alat Cadweld Untuk Menyambungkan Grounding Rod

Cadwelding atau proses penyambungan grounding rod dengan grounding cable atau kabel grounding merupakan cara penyambungan terbaik. Dalam melakukan proses penyambungan dengan cadweld akan membutuhkan bubuk mesiu. Karena penggunaan bubuk mesiu inilah yang akan memberikan pengaruh pada kekuatan sabungan. Penyambungan dengan cadweld dapat dilakukan untuk menyambung antar kabel grounding atau menyambungkan kabel grounding dengan plate atau piringan terminal grounding. Proses penggunaan cadweld harus dilakukan dengan benar dan teliti. Persiapan seperti mencuci dan menyikat lapisan dengan sikat besi untuk memastikannya bersih untuk kemudian dilakukan proses pengelasan. Dalam melakukan proses pun harus dengan benar dan rapat. Setelah selesai dilas, harus dipastikan apakah sambungan sudah bagus dan kuat.

Cadwelding memberikan keunggulan tertentu. Keuntungan utama dari pengelasan dengan alat cadweld menghasilkan sambungan yang lebih sempurna dan kuat. Karena penggunaan teknik khusus dan menggunakan bubuk mesiu memungkinkan kualitas sambungan yang sangat baik. Proses penyambungan grounding rod sebenarnya dapat dilakukan dengan proses yang sederhana. Penyambungan dapat dilakukan dengan menggunakan clamp atau menggunakan solder listrik tetapi hasilnya tentu saja berbeda. Apabila menggunakan clamp atau juga solder listrik biasa hasilnya tidak akan maksimal dan sekuat menggunakan alat cadweld.

Related posts: